Macam-Macam jenis Pondasi Bangunan

Sudah tidak diragukan lagi bahwasanya pondasilah yg dinamakan Inti bangunan, jikalau tidak ada pondasi tidak mampu dibayangkan kalo bangunan itu mampu bertahan, semacam halnya pohon kalo tidak ada akar jadi pohon itu akan mati serta tumbang, tidak lebih lebih seperti itu.

Pondasi merupakan komponen /struktur paling bawah dari sebuah bangunan walau tidak terkesan dengan cara eksklusif dikala bangunan telah finishing, tetapi dengan cara manfaat struktur kehadiran ponsai tidak mampu terabaikan, perlunya tenaga pakar dalam perencanaan pondasi , sebab salah satu yg mensugesti keawetan serta keamanan dari sebuah bangunan merupakan pondasi ini.

Dalam perencanaan pondasi tidaklah sembarangan kita butuh menentukan jenis, ukuran , serta konstruksi pondasi wajib memperhatikan tipe bangunan, beban bangunan, kondisi tanah serta hal faktor lain yg berpengaruh pada pondasi dengan cara eksklusif maupun tidak langsung. Fungsi dari pondasi itu sendiri merupakan sebagai perantara untuk meneruskan beban struktur yg ada di atas muka tanah dengan gaya gaya lain yg bekerja ke tanah pendukung bangunan tersebut.


macam macam pondasi
Macam-macam pondasi


Dengan demikian demikian perhitungan yg matang pada dikala akan mendirikan bangunan benar-benar penting sebab dengan perhitungan yg benar akan mensugesti usia dari bangunan itu sendiri. Ada sedikit cerita nh sodara sebuah rumah yg mengalami retak pada dindingnya /retak struktur padahal konstruksinya telah sangat kuat , mulai dari sloof , kolom dinding semuanya memakai konstruksi yg kuat , tapi ada yg terlupakan kondosi tanah yg dipergunakan sebab bekas genangan yg tidak kuat, jadilah bangunan tersebut menjadi retak struktur, Memang untuk persoalan yg satu ini tidak mampu dianggap enteng lagi. Pada dasarnya pondasi dibedakan menjadi dua yaitu :
  • Pondasi dangkal serta pondasi dalam
Yang tergolong pondasi dangkal antara lain merupakan sebagai berikut :
#1. Pondasi batu kali  yaitu  pondasi yg sering/ umum dipakai pada masayarakat  kita , sesuai namanya pondasi ini dasarnya memakai batu kali  serta biasanya hanya dipakai untuk rumah tinggal/ bangunan bangunan yg berlantai satu, serta jikalau mau lantai 2/3 biasanya ada tambahannya yaitu pondasi telapakpondasi batu kali

#2. Pondasi umpak  yaitu  pondasi ini digunkan pada rumah budaya rumah kayu alias rumah tradisional jaman dulu

#3. Pondasi batu bata/rollag  yaitu  Jenis pondasi ini memakai dengan bahan dasarnya merupakan batu bata , pada pemasangannya ini dibangun miring serta disusun sedemikian rupa supaya mampu menahan berat bangunan yg diatasnya serta meneruskannya ketanah

#4. Pondasi bor mini (strauss pile) Adalah pekerjaan pondasi dengan tutorial tanah dibor dengan cara manual oleh manusia/pekerja.Alat bor ini sanagat sederhana sebab tidak butuh memakai mesin dalam penggerakanya, biasanya pondasi ini dipakai untuk rumah 2 lantai serta 3 lantai, Diameter bormini ini berkisar 20,25 hingga 30 cm dengan kedalaman 6m.

#5. Pondasi tapak (Foot plate) pondasi ini biasanya dipakai untuk rumah 2 lantai atau lebih serta kondisi tanah dibawahnya merupakan lembek. pondasi tapak ini mampu juga dikombinasikan dengan pondasi batu belah, pengaplikasaianya juga mampu lansung memakai sloof beton,denagn dimensi tertentu untuk kepentingan pemasangan dinding.

  • Jenis pondasi dalam diantaranya merupakan sebagai berikut :
#1. Pondasi tiang pancang(driven pile) Pondasi ini bebentuk panjang serta lansing untuk diameternya serta bentuk dari pondasi ini bermacam macam ada bulat segitiga serta lain lain,pondasi ini sangat kuat sebab pondasi ini menyalurkan beban dari atas ketanah dengan dalam, tetapi pondasi ini lumayan mahal sebab pemasangannya sendiri wajib memakai mesin tidak mampu manual.

#2. Pondasi tiang franki (franki pile) Pondasi ini bahwasanya hampir sama dengan pondasi tiang pancang, tetapi ada yg membedakan antara pondasi tiang pancang serta pondasi tiang franki yg membedakan yakni kawasan jatuhnya palu alias hammer pada dikala pemancangan,bila pada pondasi tiang pancang hammer eksklusif jatuh pada kepala pondasi tiang pancang sedangkan pada pondasi franki ujung tiang pancang tahap bawah yg sebelumnya telah diisi dengan koral
Pondasi tiang injeksi (Injection pile)
Pondasi tiang bor (Bored  pile)

Mungkin itu sedikit dari macam macam pondasi yg sebetulnya tetap tidak sedikit lagi jenis-jenis pondasi yg dangkal maupun yg dalam , demikian postingan dari penulis semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »