Pondasi Rumah untuk 1 Lantai

Pondasi rumah satu lantai menggunakan beberapa macam pilihan opsi sesuai bangunan serta tipe tanah yg akan dibangun. Masing-masing jenis pondasi memiliki keunggulan serta kekurangan tersendiri maka wajib sangatlah sempurna untuk  memilih jenis pondasi supaya rumah dapat berdiri kokoh tanpa kerusakan semacam retak-retak, miring hingga bahkan roboh.

Mengingat betapa pentingnya struktur pondasi ini meskipun letaknya tak jarang terpendam tanah maka tak terlihat, oleh karena itu disini saya akan coba menuliskan jenis-jenis pondasi yg dapat dipilih sebagai acuan dasar berdirinya rumah yang akan  kita bangun. Macam-macam jenis pondasi rumah satu lantai jenis Pondasi batu kali dibangun dengan menyusun batu kali dengan penampang trapesium, persegi empat dengan perekat berupa adukan beton. Cocok didirikan pada tanah keras yg bagus.
Pondasi rollag terbuat dari tumpukan pasangan batu bata merah yg dirangkai dengan pengikat adukan beton.
Digunakan pada konstruksi bangunan yg tak terlalu berat semacam pagar halaman rumah, atau tahap rumah yang terbuat dari material ringan semacam kayu serta bambu. Pondasi plat jalur ialah konstruksi beton bertulang yg dibangun memanjang . dipakai pada konstruksi bangunan dengan beban berat maka masih bisa berdiri kokoh diatasnya. Pondasi foot plat, tipe ini tak sedikit yg salah menyebutnya sebagai pondasi cakar ayam, tetapi ada perbedaan pada bentuk strukturnya.

pondasi foot plat bisa dipakai pada titik kolom yg akan direncanakan tumbuh menjadi 2 lantai dikemudian hari. Pondasi jenis cakar ayam, ini ialah yg akan terjadi oleh pikir teknologi putra bangsa yg terinspirasi dari akar pohon kelapa yg sanggup menahan pohon yg tinggi menjulang di tepi pantai meskipun struktur tanahnya lunak. maka tipe pondasi cakar ayam ini sempurna dipakai untuk bangunan yg berdiri diatas tanah lunak.


Pondasi cerucuk bambu, terbuat dari beberapa bambu yg ditancapkan dengan kuat kedalam tanah lalu tahap atasnya disatukan memakai tali atau beton bertulang, penggunaan bambu bisa digantikan oleh pipa pvc yg didalamnya diisi dengan adukan beton maka bisa lebih kuat, tahan lama serta mudah dibuat. Contoh pondasi batu kali untuk rumah satu lantai ialah sebagai berikut :



Beragam inovasi serta keratifitas rutin menimbulkan faktor baru, khuusunya dalam faktor pondasi rumah 1 lantai ini. dimulai dari kemauan untuk coba-coba, menganalisa serta merencanakan konstruksi pondasi yg kuat, terjangkau serta tahan lama. selamat mewujudkan rumah idaman

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »